Saturday, January 9, 2016

IPS dan IPK

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu sobat2ku :)
Aku mau bagi info nih tentang pengalamanku dapet IPS dan IPK pertama di semester pertama kuliah.

     Tapi sebelumnya, teman-teman uda pada tau kan arti dari IPS dan IPK? kalo ada yang belum tau, oke aku kasi tau dulu ya. Kan gak enak tuh akunya uda cerita panjang lebar tapi diantara teman-teman ada yang belum tau arti dari IPS dan IPK.

     Oke langsung aja kita bahas mengenai pengertian dari IPS dan IPK dalam dunia perkuliahan. Kenapa harus di dunia perkuliahan ? Karena istilah IPS dan IPK hanya berlaku di dunia perkuliahan saja teman. Di sekolah memang ada tuh IPS, tapi beda loh sama yg di dunia perkuliahan. IPS di sekolah itu adalah ilmu pengetahuan sosial sedangkan IPS di dunia perkuliahan adalah indeks prestasi semester. Indeks Prestasi Semester (IPS) ini merupakan penghitungan Indeks Prestasi dengan semua mata kuliah yang telah ditempuh untuk setiap semester tertentu. Jadi perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan nilai-nilai yang didapatkan hanya dalam satu semester tersebut. Sedangkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif/ IP) merupakan penghitungan IP dengan menggabungkan semua mata kuliah yang telah ditempuh sampai suatu semester tertentu, maksudnya adalah perhitungan nilai ini berdasarkan akumulasi nilai dari semua Mata Kuliah yang telah diambil hingga semester tertentu. Masi gak paham juga ? Singkatnya, IPK adalah hasil dari penggabungan IPS tadi teman. Jika IPS hanya mencakup nilai dalam satu semester, beda dengan IPK yang mencakup nilai dari beberapa semester. Jadi kalo kita masih semester satu kayak aku nih, IPS itu sama dengan IPK teman. Paham kan ? :)
Oke kalo ada yang masih belum paham, nih aku kasih contoh perhitungan dari IPS dan IPK itu sendiri.

Dari sini bisa kita lihat, perhitungan membutuhkan berapa jumlah sks yang kita tempuh dan berapa bobot/ rata-rata yang didapat dalam satu semester, perhitungannya cukup mudah, selanjutnya mari kita beralih untuk menghitung IPK/ IP yang kita dapat di semester tertentu.
Dalam perhitungan IPK/ IP ini yang kita butuhkan adalah Indeks Prestasi Semester, seperti yang telah kita hitung tadi. Berikut rumus lengkapnya
  • Rumus IPK Semester 1= IPS semester 1/ 1
  • Rumus IPK Semester 2= (IPS smt 1 + IPS smt 2)/ 2
  • Rumus IPK Semester 3= (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3)/ 3
  • Rumus IPK Semester 4= (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3 + IPS smt 4)/ 4
  • Rumus IPK Semester 5
    = (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3 + IPS smt 4 + IPS smt 5)/ 5
  • Rumus IPK Semester 6
    = (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3 + IPS smt 4 + IPS smt 5 + IPS smt 6)/ 6
  • Rumus IPK Semester 7
    = (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3 + IPS smt 4 + IPS smt 5 + IPS smt 6 + IPS smt 7)/ 7
  • Rumus IPK Semester 8
    = (IPS smt 1 + IPS smt 2 + IPS smt 3 + IPS smt 4 + IPS smt 5 + IPS smt 6 + IPS smt 7 + IPS smt 8)/ 8
#smt=semester
 Berikut ini contoh perhitungan untuk semester 2, yang mana dalam perhitungan ini, semester 1 mendapat IPS sebesar 3.33 dan semester 2 mendapat 3.44, sehingga jumlah IPK untuk semester 2 adalah 3.38 selengkapnya bisa kita lihat di screenshot berikut! Cekkidot ;)

 

Nah, cukup jelaskan penjelasannya ??? Jelas dong ya kan teman :D

Oke fine, sekarang waktunya ceritaa *yey*
Jadi, karna aku masih semester satu nih, IPS dan IPK itu sangat aku nanti2kan. Kayaknya sih bukan cuma aku, mahasiswa lain yang masih semester satu juga merasakan hal yang sama. Karna penasaran sama IPS dan IPK aku, aku tuh buka akad.unimed.ac.id tiap hari selama liburan semester. hehe

Hari ini (23 Desember 2015), aku buka lagi tuh akad. Dan guess what ! akhirnya nilainya keluar juga whoah*.* dan IPS/IPK aku 3,37. Dapat IP segitu rasanya excited banget teman, menurut aku itu uda cukup tinggi untuk anak semester satu kayak aku :) tapi ternyata setelah nanya sana nanya sini sama temen-temen sekelas aku, ada yang dapat 3,84. Wah luar biasa tu orang *o*

Jadi intinya, kita gak boleh merasa puas sama apa yang uda kita dapetin.
Di atas langit masi ada langit teman, ingat !
Sekian cerita dariku.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

41 comments:

  1. Terimakasih atas pengalaman nya yg positif kak 😊

    ReplyDelete
  2. Thank u kak infonya. Jadi ngerti bedanya ipk sama ips :)

    ReplyDelete
  3. Membantu sekali infonya πŸ‘

    ReplyDelete
  4. kaka unch , makasih ;)

    ReplyDelete
  5. Ips aku per semester naik terus tp ipk nya malah kecil. Jadi ga sesuai sm perhitungan ituu😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin IPSnya di semester 1 sangat kecil makanya walaupun IPSnya naik terus IPKnya tetap kecil kak.
      Tetap semangat ya :)

      Delete
  6. Ips aku per semester naik terus tp ipk nya malah kecil. Jadi ga sesuai sm perhitungan ituu😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin IPSnya di semester 1 sangat kecil makanya walaupun IPSnya naik terus IPKnya tetap kecil kak.
      Tetap semangat ya :)

      Delete
  7. Thanks ka, kalo aku lagi menanti ips dan ipk aku nih hehe. Semoga yang terbaik dapetnya
    ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Tetap semangat dan sukses buat kuliahnya ya :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Makasih banyak infonya, terbantu banget. Syukron 🌷

    ReplyDelete
  10. Mksh y kakak..sy jd mengerti.krna ank sy baru kuliah.trs skrg dh smstr tiga.dn dpt nilai ips 3,70

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Bu.
      Alhamdulillah tinggi banget IPSnya, Bu :)

      Delete
  11. Kk yg menentukan kita bisa ngambil semester atas ips atau ipk ?

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mba apri informasinya, sekarang aku sedang semester 3 magister manajemen /S2. Semester 1 : IPS ku : 4,00 semester 2 : IPS ku 4,00. Berarti IPK ku sementara : 4,00 kan mba apri ? Trm kasih.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kesit Setiyoko, S.M., M.M.June 27, 2021 at 12:08 AM

    Alhamdulillah, saya baru saja menyelesaikan s2 MM,dengan IPK : 4.00. Dengan rincian, sem.1 : MSDM : A, man.pemasaran : A, manajemen produksi dan operasi : A, english for business : A, IPS 4.00, sem.2 :man.strategi : A, man.keuangan : A, man.sistem informasi : A, metodologi penelitian : A, IPS 4.00, sem.3 : perencanaan SDM A, pengembangan SDM dan manajemen kinerja A, budaya organisasi A, IPS 4.00, sem.4 : proyek bisnis nasional dan internasional A, kewirausahaan A,tesis : A. Tks mba apri infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat ya Pak. Btw, terimakasih kembali telah berkunjung :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete