Friday, January 8, 2016

Mahasiswi Semester Satu

Yeyyy !!
Akhirnya selesai juga semester satu.
Alhamdulillah.
Padahal perasaan baru aja masuk kuliah, tapi kok uda abis aja ya semester satunya, hehe.
Karna saking banyaknya tugas dan laporan sampe ga berasa kalo uda jalanin kuliah selama kurang lebih 4 bulan.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh =)
Hai hai hai !!!
Aku Apriani ...
Disini aku mau nyeritain pengalamanku jalanin kuliah semester satu. Pasti pada penasaran kan ? Apalagi kamu yang baru tamat SMA dan sekarang lagi nunggu pengumuman SNMPTN ataupun SBMPTN. Cie cie cie yang uda mau jadi anak kuliahan. Oke deng langsung aja aku ceritain pengalamanku mulai dari diterimanya aku di Universitas Negeri Medan sampe selesai semester satu dan sekarang aku lagi liburan walaupun cuma dirumah. Tapi setidaknya menyenangkan karena uda ga ada tugas dan laporan lagi. Aku bisa nonton sepuasnya, makan sepuasnya dan ngeblog sepuasnya. Pokoknya menyenangkan deh daripada di kos yang ga tau pagi dan malam karna sibuk ngerjain tugas, makan ga teratur, pergi pagi pulang sore dan langsung lanjut ngerjain tugas, kadang-kadang pulang kuliahpun ga mandi karna sampe kos langsung ngerjain tugas dan selesainya baru tengah malam, uda selesai ya langsung tidur. Terkadang walaupun uda begadang buat bikin laporan ataupun ngerjain tugas tetep aja tugasnya itu ga selesai dan harus di lanjut besok paginya. Terpaksa deh harus bangun jam 4 buat ngelanjutin tugas. Yah begitulah cerita dan deritanya waktu itu.

     Dulu aku adalah siswi SMA di SMA Negeri 1 Kualuh Leidong yang punya angan-angan masuk ke Universitas Negeri Medan tanpa testing atau ujian tulis. Soalnya aku takut banget sama ujian tulis itu karna pesimis bakalan lulus. Jadi tiap hari aku berdo'a "Ya Allah, tolong bantuin aku masuk Unimed tanpa testing, tolong bantuin aku wujudkan keinginan orang tuaku Ya Allah". Amin. Begitu kira-kira do'aku setiap harinya. Selain karna Unimed uda jadi Universitas idolaku, aku pengen masuk kesitu karna harapan orang tuaku yang pengen banget aku bisa masuk kesitu tanpa testing. Setelah kurang lebih 3 bulan nungguin pengumuman SNMPTN, akhirnya aku dinyatakan lulus dan tinggal daftar ulang deh ke Universitas Negeri Medan.


     Dan hal berikutnya yang ditunggu-tunggu sama calon mahasiswi baru adalah OSPEK. Pasti penasaran kan ospek itu gimana? Fakta tentang ospek yang uda pernah aku jalanin adalah :
1. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa ospek adalah ajang untuk nyari temen atau bahkan gebetan, namun faktanya aku emang nemuin banyak temen dari berbagai penjuru Indonesia namun ga ketemu tuh sama yang namanya gebetan. :( *hiks*
2. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa ospek itu ajangnya kita dikerjain sama kakak senior, namun faktanya dari hari pertama ospek sampe berakhirnya ospek aku ga ngerasain yang namanya di kerjain sama kakak senior, malahan dapat banyak ilmu dari kakak-kakak senior.
     Pasti pada penasaran kan apa aja yang dilakuin pas ospek ??? Setiap Universitas, ospeknya itu memang berbeda-beda. Kalau waktu aku dulu, hari pertama ospek aku disuruh pakai topi kerucut warna biru dan papan nama yang isinya nama, nim dan fakultas. Dua-duanya dibuat dari kertas karton warna biru. Oia, aku juga disuruh bawa bendera kain bentuk kerucut warna biru juga. Warna itu tergantung sama fakultas. Karna aku FMIPA jadi semuanya harus warna biru. Para mahasiswa baru disuruh kumpul di gedung serba guna dan disitu acaranya banyak banget, mulai dari pengenalan kampus, arahan yang materinya ga ngebosenin, nyanyi yang diiringi band kampus, pengenalan organisasai-organisasi kampus dan masih banyak lagi. Dan disitu kita bisa kenalan sama beribu-ribu mahasiswa baru dari semua fakultas.
     Hari kedua ospek, disuruh pake topi kerucut dan papan nama yang isinya nama, nim dan nama ilmiah yang bakalan jadi nama kita selama ospek hari itu. Dua-duanya dibuat dari kertas karton warna hijau. Untuk yang cewe nama ilmiah tumbuhan sementara cowo nama ilmiah hewan. Nama beserta gambarnya. Kalo aku dulu buat Salacca zalacca alias salak. Juga tas yang terbuat dari karung goni dan disuruh bawa bekal, mukena sama catatan. Semua peralatan ospek itu aku ga buat sendiri, tapi beli di depan kampus karna aku masi belum tau daerah medan, jadi buat nyari bahan-bahan untuk ospek itu aku agak susah. Di depan kampus banyak banget yang jual, harganya sekitar 15.000 kalo ga salah satu setnya. Waktu itu karna baru-baru ngekos jadi aku belum punya ricecooker dan aku juga ga tau harus beli bekal dimana untuk dibawa ospek. Soalnya kami disuruh ke kampus jam 7. Jadi selama ospek dari pagi sampe sore aku tuh ga makan nasi cuma makan roti doang dan untungnya Allah masi ngasi aku kekuatan buat ngikutin ospek sampe semuanya selesai. Selama ospek kita diwajibkan pakai kemeja putih bawahannya item sama kaos kaki putih, jilbabnya sih kemaren ada yang make item dan ada yang putih, aku pribadi make warna item.

     Setelah ospek ga lantas langsung masuk kuliah, kita harus ngisi krs dulu. Krs itu ibarat mata kuliah yang bakalan kita ambil di semester itu. Tenang aja nanti pasti ada yang namanya "bimbingan krs", jadi teman-teman ga perlu pusing mikirin "apa sih krs ? gimana sih cara ngisinya ?". Tapi teman-teman harus ingat !!! Selama kuliah kita ga boleh malas, ga bole buang-buang waktu buat hal yang ga penting karena tugas di kuliah ga sama seperti tugas sekolah, belajar dari pengalamanku yang uda ditulis di atas tadi ya teman-teman. Kita juga harus aktif nyari informasi karna informasi itu ga bakalan nyamperin kita dan ga akan ada yang teriak-teriak pake toa ngasi tau informasi itu. Kalo kita ketinggalan informasi itu kan kita sendiri yang bakalan rugi bukan yang jualan di depan kampus. :D
Sebagai contoh, dulu aku hampir tiap hari buka situsnya Unimed buat mastiin aku ga ketinggalan informasi tentang kuliah. Mulai dari jadwal daftar ulang, pembayaran uang kuliah, ospek, jadwal ngisi krs, dan lain sebagainya.

     Hari pertama kuliah masih belum terlalu aktif belajar karna masih "kontrak kuliah" sama setiap dosen. Itu tuh maksudnya kita buat perjanjian sama dosennya mengenai misalnya berapa kali kita boleh ga masuk sama dosen itu dan lainnya, pokoknya yang menyangkut peraturan di kelas. Minggu kedua baru deh mulai aktif kuliah setelah perjanjian atau peraturan itu selesai dibuat.

Aku rasa cukup pengalamanku selama semester satu. Semoga postinganku ini bisa berguna buat para pembaca sekalian dan juga buat teman-teman yang baru tamat SMA dan penasaran gimana sih sebenernya kuliah itu ?
Dari pengalaman ku ini aku ngerasain bahwa masa-masa sekolah adalah masa yang paling indah jadi teman-teman jangan sia-siain masa-masa indah di sekolah kalian ya, karna itu ga bakalan kalian rasain lagi pas kuliah.
Mohon maaf jika ada kata-kata aku yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    

1 comment: